Tuesday, April 21, 2015

MENGATASI MEMORI INTERNAL ANDROID PENUH PADAHAL APLIKASI SEDIKIT

Posting kali ini, saya hanya ingin sekedar berbagi solusi mengatasi memori Internal Android penuh padahal aplikasi yang di Instal hanya sedikit. Beberapa waktu lalu sempat agak heran kenapa Ponsel Android saya memori Internal cepat sekali penuh padahal aplikasi yang saya instal hanya sedikit dan semua aplikasi aplikasi tersebut sudah dipindahkan ke SD Card. Bahkan saya juga menghapus sebagian besar foto dan video rekaman yang ada pada Smartphone Android, setelah di cek di menu Storage pada System Settings, hasilnya tetap "Nihil", dan memori Internal tetap saja penuh (terpakai hampir 1 GB untuk aplikasi yang belum jelas dimana letaknya).


Untuk memeriksa lebih jauh, saya coba menghubungkan perangkat Android ke PC dengan menggunakan kabel USB. Setelah file dicek satu persatu, ternyata yang membuat penuh memori Internal hp Android adalah sebuah folder yang bernama .thumbnails. Pertanyaannya adalah, apa folder .thumnail tersebut ? seberapa pentingkah isi didalam folder .thumbnail untuk Android ? Dan apa akibatnya jika folder itu dihapus ?. Simak ulasan berikut :

MENGENAL FOLDER .THUMBNAIL YANG MENGHABISKAN MEMORI INTERNAL ANDROID.


Folder .thumbnail ini adalah sebuah folder yang terletak di dalam folder DCIM pada memori Internal Android. Folder .thumbnail berisi file .thumbdata dan icon icon foto / gambar dengan resolusi kecil yang muncul pada DCIM / Galeri. Fungsi dari icon icon yang ada pada folder .thumbnail tersebut adalah untuk menyimpan icon gambar dan foto di galeri sehingga jika kita membuka galeri maka proses loading lebih cepat. Selain itu, gambar / foto yang dihapus sebelumnya juga masih ada duplikatnya pada folder .thumbnail ini.

Namun, kerugian yang ditimbulkan adalah, file file dalam folder .thumbnail berukuran sangat besar bisa mencapai ratusan MB hingga lebih dari 1 GB, tentunya akan lebih besar lagi jika anda suka menyimpan banyak foto dan gambar pada Android. Dengan "termakan-nya" kapasitas memori Internal ini tentu akan menyulitkan kita untuk menginstall aplikasi baru atau menyimpan data baru, mengingat memori Internal pada Android sangat terbatas.

Nah, untuk mengatasi memori internal android yang penuh tersebut, kita harus MENGHAPUS semua file dalam folder .thumbnail. Lalu apa akibat yang ditimbulkan jika menghapus file dalam folder .thumbnail ? Pengaruh yang terjadi ketika menghapus .thumbnail adalah proses membuka foto dalam galeri akan melambat, ini hanya akan terjadi sesaat, dan akan kembali normal lagi.

Namun masalah lain akan kembali muncul ketika Anda membuka galeri, secara bertahap folder .thumbnail akan menghabiskan memori lagi, sehingga yang harus dilakukan adalah dengan menghapus file dalam folder .thumbnail lagi, lagi, dan lagi.

CARA MENGHAPUS FILE FOLDER .THUMBNAIL ANDROID


Anda bisa menghapus .thumbnail langsung dari perangkat Android atau melalui PC, dan berikut langkah langkahnya :

MENGHAPUS MEMORI INTERNAL DARI ANDROID

1. Buka File Manager, kemudian pilih Internal Storage - Selanjutnya buka folder DCIM


2. Lalu buka folder .thumbnail dan Hapus semua file yang ada didalamnya.


MENGHAPUS MEMORI INTERNAL DARI PC

Hubungkan perangkat Android Anda dengan USB
Buka Explore
Selanjutnya pilih Media penyimpanan Android anda
Buka DCIM - kemudian hapus file yang berada pada folder .thumbnail

Begitulah cara mengatasi memori Internal Android yang penuh. Selain dari folder .thumbnail, penyebab memori internal pada Andrid penuh adalah terlalu banyak file yang disimpan atau terlalu banyak aplikasi yang di Instal, oleh sebab itu pergunakanlah aplikasi seperlunya saja seperti aplikasi penghasil uang Whaff :), agar kinerja android tetap Optimal. Semoga bermanfaat.

MENGATASI MEMORI INTERNAL ANDROID PENUH PADAHAL APLIKASI SEDIKIT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

50 comments:

  1. makasih mas, membantu sekali postingannya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mas...
    Handphone saya plong lagi... 😊

    ReplyDelete
  3. kalau external full lack x phone??

    ReplyDelete
  4. Tapi mas ' di hp saya setelah di buka DCIM,tidak ada thumbnail nya..gmana tuh yah mas. Mohon pencerahan nya.
    Saya memakai sony C3 saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hubungaan ke PC atau laptop.. sebelumnya tidak ad thumbanil kalo cek hp/tablet

      Delete
  5. bagaimana Cara membersihkan memori lain-lain atau others di android meizu m2 note ?

    ReplyDelete
  6. mas sorry out of topic nih, mau tanya klo aku mau download aplikasi trs ada peringatan klo memory penuh walaupun sudah aku ikuti postingan mas ini, kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
  7. Thumbnail nya ternyata cuma sedikit, hanya beberapa mega. Tetapi hape tetap penuh. Gimana solusi lain nya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Sy pake advan s4e kok folder thumbnail nya kagak ada gan,trs gmn caranya

    ReplyDelete
  9. advan android s3a sya sdah buka DCIM tpi sya tdak mnemukan thumbnail, gmana do
    ng mas, mohon bantuanx soal handpon sya jdi lelet trus pringatan yng trus2 mcul mmbuat sya jdi bingug harus ngapain,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas canibal coprose udh nemu solusinya blm? Hp aq jg gitu,,,terus2an penuh pdahal aplikasinya cm sedikit,,,parahnya lg,,smua aplikasi g bs jalan lg,,,gmana ya mas?

      Delete
    2. .thumbnail itu biasanya foldernya hiden atau tersebunyi jadi harus ditampilkan dulu baru bisa tau

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Tp setelah saya tampilkan masih tetap tdk ada thumbnail

      Delete
    5. Itu bagaimana ya? Kasih solusi gan

      Delete
    6. Tp setelah saya tampilkan masih tetap tdk ada thumbnail

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Iyya mas,,sya pke advan t5c,,,tp g da folder thumbnail nya,,,gmana ya?

    ReplyDelete
  12. Lamun eweh bacaan thumbnail na kumaha?

    ReplyDelete
  13. ga ada tumbnail di hp saya, adanya file campuran yang besarnya 1Gb lebih, udah coba dihapus, terus mendetek data sebesar itu... ada solusi?

    www.ilmair.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa sama kakk, udah dapet solusinya ya kira2? , file campuran saya 3,4 gb , padahal kalok takbuka file campuran itu dan saya hitung hanya 100 mb -_-

      Delete
    2. Iyaaa sama kakk, udah dapet solusinya ya kira2? , file campuran saya 3,4 gb , padahal kalok takbuka file campuran itu dan saya hitung hanya 100 mb -_-

      Delete
  14. Wah sesat nih info... Saya hapus foto2 di folder DCIM, malah yg di gallery ikut hilang semua 😡😡😡😡😡😠😠😠😠

    ReplyDelete
  15. Wah sesat nih info... Saya hapus foto2 di folder DCIM, malah yg di gallery ikut hilang semua 😡😡😡😡😡😠😠😠😠

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di hapus, folder .thumbnail nya jaj, lo aja yang salh hapus :D

      Delete
    2. Ngakak nih wkwkw, bukan foto nya lah, cerdas lah anda wkwk

      Delete
  16. Mas knapa hp m m2 note saya susah di pasang anti gores.. padahal saya sudah susah payah beli anti goresnya

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Cek Juga disini gan :D
    http://www.whyinfo.ga/2016/06/android_10.html

    ReplyDelete
  19. Saya sudah melakukan semua langkah di atas hingga akhirnya ke service center resmi Samsung dan update software. Namun, hanya bertahan sekitar beberapa minggu saja memori tersebut kembali seperti semula. Setelah itu, selalu tampil keterangan memori hampir penuh. Mohon pencerahan solusinya segera gan, thanks*

    ReplyDelete
  20. Ijin tambahin gan.
    Utk menampilkan file Thumbnails yg tersembunyi caranya : masuk ke menu manager file -> pilih menu (biasanya kanan atas) -> pengaturan -> lalu unchek pada kolom "sembunyikan file system".
    Utk menghemat memmory internal kita bisa memindahkan aplikasi ke memmory external (tidak semua aplikasi bisa dipindahkan). Dgn CATATAN kalo sewaktu waktu memmory externalnya tiba2 error.... maka aplikasi yg sdh dipindahkan tadi jg akan ikut error alias rusak... semoga bermanfaat... GBU all

    ReplyDelete
  21. Terimakasih infonya

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami di nomor 082150065758 (WA) atau 085646675004 atau 081944808466. Bisa juga melewati BBM 2A9BE37C

    ReplyDelete
  22. Misi mau tanya hp saya yg samsung J5. saya gak tau hp sya yg error atau knp soal nya memori internal nya sudah saya kosongkan tetapi di tulisan nya tetap ngga berubah "ruang penyimpanan hampir habis" padalah app sudah saya hapus foto video sudah saya pindahkan ke memori ekternal saya yg 32 GB saya bingung udah saya restar tetap aja tulisan nga masih penuh jadi saya gak bisa buka galeri ... ini gimana yak kalau tau bisa tolong di jelaskan ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya biasanya itu karna Aplikasi ataupun Data Aplikasi yg penyimpanannya masuk memory internal, misal Facebook dan Whatsapp ataupun Game yg penyimpanannya selalu di memory internal dan tidak bisa dipindah ke eksternal, sehingga hal tsb bisa membuat memory internal full. atau juga karna Cache dan folder tersembunyi seperi .Thumbnail yg jarang dihapus.
      coba pakai Aplikasi CCleaner atau CM Cleaner.
      #CMIIW mungkin ada mastah yg lebih mengerti dari saya ;-)

      Delete
    2. Udah coba semua cara gan, termasuk yg agan bilang. Tapi tetep aja penuh. Game yg saya mainin juga gak sampe banyak bahkan gak sampe 2gb, tapi internal tetep aja penuh sampe mau 10gb, file" sampah dll udah sering dihapus padahal

      Delete
    3. Udah coba semua cara gan, termasuk yg agan bilang. Tapi tetep aja penuh. Game yg saya mainin juga gak sampe banyak bahkan gak sampe 2gb, tapi internal tetep aja penuh sampe mau 10gb, file" sampah dll udah sering dihapus padahal

      Delete
  23. Mas folder .thumnails nya udah diapus dan udah bikin file itu juga, tapi kok internal tetep penuh. Solusi gan

    ReplyDelete
  24. Mas folder .thumnails nya udah diapus dan udah bikin file itu juga, tapi kok internal tetep penuh. Solusi gan

    ReplyDelete
  25. ko perangkatnya masih penuh aja ya,, padahal aplikasi , foto, video udh diapus apusin, thumbnails nya juga, konfirmasinya dong ka

    ReplyDelete
  26. makasih min, berguna banget 😂😂
    tapi umumnya selain file thumbnails itu ada file lainnya ga yg bisa makan memori yg lumayan gede? 😳

    ReplyDelete
  27. Udah pernah coba ini tapi g ngaruh... dihp asus sy informasi file thumbnail makan 2gb lebih pas dihapusnya kok tetep g ngaruh ye gan.. ada solusi lain g??

    ReplyDelete
  28. makasih gan trik nya work nih ,, sempet bingung sih kok ruang makin sempit taunya ada file di folder DCIM yyg gede banget
    .
    <a href="http://budynewhandil.blogspot.in/2015/05/cara-membuat-customrom-android.html>trik android</a>

    ReplyDelete
  29. makasih gan trik nya work nih ,, sempet bingung sih kok ruang makin sempit taunya ada file di folder DCIM yyg gede banget
    .
    <a href="http://budynewhandil.blogspot.in/2015/05/cara-membuat-customrom-android.html>trik android</a>

    ReplyDelete
  30. Di hpku file campuran hampir 2.8 gb . Padahal aku buka ga ada isinya . Knp ya itu mas ? Mohon solusinya .. thnks

    ReplyDelete
  31. coba untuk :
    1. ngilangin musicnya gan...
    soalnya lagu2 Mp3 makan memory banyak juga.

    2. terus pindahin semua foto, aplikasi2 downloadtan ke memory external..

    3. setting programnya setiap abis download aplikasi atau foto atau screenshoot langsung nyompennya ke memory external.

    4. hapus semua foto yg habis ke sent karena itu dianggap sampah oleh sistem.

    5. rajin2 refresh...

    ReplyDelete
  32. Gan untuk thumbnail udah saya hapus,lumayan brkurang.
    Tpi yg mau saya tanya,aplikasi yg udah gk trpakai saya hapus,smua udah kosong, tp knapa masih memakan memori internal.
    Bingung saya otak atik.

    ReplyDelete
  33. Gan untuk thumbnail udah saya hapus,lumayan brkurang.
    Tpi yg mau saya tanya,aplikasi yg udah gk trpakai saya hapus,smua udah kosong, tp knapa masih memakan memori internal.
    Bingung saya otak atik.

    ReplyDelete
  34. mantull dahh infonya, makasih udah bagi bagi triknya
    power supply hp

    ReplyDelete

Gadget Populer